Course

Selamat Datang di E-Complaint UMMI

Penjaminan mutu (quality assurance) pendidikan tinggi sebagai proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan dimaksudkan agar pelanggan memperoleh kepuasan serta menghasilkan pengembangan berkelanjutan (continous improvement) di perguruan tinggi. Agar perbaikan dan pengembangan dapat dilakukan dengan cepat dan terus-menerus serta kepuasan pelanggan senantiasa terpenuhi, keluhan yang disampaikan oleh pelanggan merupakan masukan yang sangat berharga dan harus ditindaklanjuti. Keluhan pelanggan juga merupakan salah satu instrumen untuk melakukan evaluasi dan deteksi dini terhadap kelemahan sistem ataupun penyimpangan pelaksanaan manual mutu. Hal ini juga sangat diperlukan untuk mencapai kampus berstandar nasional.

Oleh karena itu kami berharap Bapak/Ibu/Sdr. yang merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh unit kerja Universitas Muhammadiyah Sukabumi, baik akademik maupun non akademik, menyampaikan keluhan melalui menu e-complaint ini. Pelanggan yang dapat menyampaikan keluhan adalah setiap orang yang menerima atau berhubungan dengan layanan yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Sukabumi, meliputi antara lain; Mahasiswa, Dosen, Pegawai, Orang Tua Mahasiswa, serta pihak lain yang berhubungan dengan layanan yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Keluhan yang disampaikan akan kami teruskan kepada unit kerja terkait melalui pimpinan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Seluruh keluhan akan dikelola oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UMMI.

Ruang lingkup keluhan meliputi semua jenis layanan yang diberikan oleh unit kerja di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, yaitu :

  1. Ketersediaan visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian
  2. Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian
  3. Kesesuaian visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian
  4. Layanan kepemimpinan
  5. Kejelasan sistem pengelolaan
  6. Layanan kemahasiswaan dan alumni
  7. Fasilitas kemahasiswaan dan alumni
  8. Pembinaan kemahasiswaan dan alumni
  9. Prestasi kemahasiswaan dan alumni
  10. Kualifikasi pendidikan dosen dan staff
  11. Kinerja dosen dan staff
  12. Kualitas layanan dosen dan staff
  13. Kesesuaian rencana pembelajaran dengan proses pembelajaran
  14. Kehadiran dosen
  15. Sistem penilaian
  16. Proses pembimbingan akademik
  17. Layanan tugas akhir
  18. Kesesuaian jadwal kuliah
  19. Layanan sistem keuangan
  20. Ketersediaan prasarana dan sarana
  21. Layanan penelitian
  22. Layanan pengabdian kepada masyarakat
  23. Layanan kerjasama
  24. Layanan sistem informasi
  25. Layanan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
  26. Keamanan dan Ketertiban Umum